Langsung ke konten utama
TUGAS
TEKNOLOGI INFORMASI

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DUNIA JURNALISTIK

    Teknologi Informasi dalam perkembangan Jurnalistik memegang peranan penting, karena dengan hadirnya media baru memberi alternatif masyarakat dalam mencari dan memanfaatkan sumber-sumber informasi untuk memenuhi kebutuhannya. Media massa konvensional (tv, radio, dan cetak) dituntut untuk melakukan integrasi dengan media baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggan setianya, baik pembaca online maupun cetak. Teknologi Informasi menciptakan dan mempengaruhi cakupan serta betuk dari hubungan-hubungan dan kegiatan-kegiatan manusia. Jurnalistik sebagai kegiatan melaporkan berbagai kejadian atau peristiwa yang terjadi di masyarakat  untuk dijadikan bahan berita oleh jurnalis. Sementara berita adalah laporan atau pemberitahuan tentang sesuatu kejadian atau peristiwa yang disampaikan melalui orang lain baik secara lisan maupun tertulis. Perkembangan teknologi semakin canggih dan berbanding lurus dengan aktivitas sehari – hari yang senantiasa menggunakan peralatan serba modern. Dalam penyajian sebuah berita pun tidak luput dari kemajuan teknologi. Surat kabar yang telah akrab dengan pembaca sepertinya mulai tergerus seiring perkembangan teknologi. Sekarang, dengan ditemukannya teknologi informasi dalam bidang internet, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis professional. Setiap orang bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan untuk perkembangan jurnalistik tersebut disebut dengan citizen journalism.

Citizen journalism atau jurnalisme warga merupakan suatu konsep bagi anggota publik yang memainkan peran aktif dalam mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, serta menyebarluaskan berita dan informasi. Selain citizen journalism, seiring dengan perkembangan teknologi informasi. pada saat ini yang telah memasuki cyber world, media berita konvensional dituntut untuk melakukan integrasi dengan media berita yang baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggannya. Jurnanalistik berasal dari kata journal yang artinya catatan harian. Jurnalistik adalah kegiatan yang meliputi pembuatan berita setiap. Jurnalistik mencatat, memproses, dan menyajikan informasi yang terjadi dalam kehidupan setiap harinya, dengan mengacu pada definisi jurnalistik dan kemajuan teknologi, maka Jurnalistik tidak terlepas dengan perkembangan teknologi informasi dan publikasi. Kemajuan teknologi mendorong para jurnalis untuk belajar dan mempelajari teknologi tersebut, karena hal ini berkaitan dengan bagaimana konsumsi masyarakat terhadap media yang akan berpengaruh pada penyampaian berita yang akan disebarkan oleh para junalis. Setiap harinya masyarakat membutuhkan informasi yang terjadi di dunia ini, mulai dari lingkungan rumah, kota, negeri, hinggan keadaan dunia. Demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita.

Perkembangan teknologi informasi terutama internet menciptakan media baru (new media), yang merupakan salah satu dari new media ini yaitu media online yang melahirkan jurnalistik online. Media online memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan jurnalistik tradisional, yang pertama perubahan posisi audience. Audience dapat berperan aktif baik dengan memberikan respon yang cepat bahkan bisa memproduksi berita yaitu sebagai citizen journalism yang bisa disejajarkan dengan jurnalis profesional.

Jurnalistik online memiliki kelebihan lain. Salah satunya dari segi interaktivitas dimana jurnalistik online menyediakan ruang yang tak terbatas bagi masyarakat/ netizen.

jurnalistik online telah menjalankan fungsi two way communication dan interpersonal communication antara media dengan user. Keunggulan tersebut tidak dimiliki oleh jurnalistik tradisional yang interaktivitasnya lebih lama karena menggunakan media konvensional yaitu berupa surat pembaca yang harus disortir di meja redaksi terlebih dahulu dan baru ditanggapi. Memang tidak ada batasan baku untuk citizen journalism dalam membuat suatu berita. Namun Citizen journalism juga ada etikanya. Etika tersebut kurang lebih sama dengan etika menulis di media online diantaranya adalah tidak menyebarkan berita bohong, tidak mencemarkan nama baik, tidak memicu konflik SARA dan menyebutkan sumber berita dengan jelas.

Kemajuan teknologi informasi secara sadar membuka ruang kehidupan manusia semakin luas, semakin tanpa batas dengan indikasi manusia sebagai penguasa. Kemajuan teknologi informasi telah menyentuh segala aspek kehidupan, termasuk dunia jurnalisme. Hal itu membuat pertukaran dan penyebaran informasi semakin mudah. Dahulu, peran jurnalis sangat besar dalam menyebarkan informasi. Jurnalis adalah tokoh sentral yang kehadirannya sangat ditunggu oleh setiap orang. Dengan kata lain, jurnalis memonopoli tugas sebagai penyebar informasi. Informasi yang akurat dan dapat dipercaya hanya datang dari jurnalis. Konsekuensinya, jurnalis ditempatkan dalam posisi yang sangat vital dan mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi.

Namun, kini peran jurnalis semakin tereduksi dengan kemajuan teknologi tersebut. Salah satu penyebab tereduksinya peran jurnalis adalah akibat lahirnya fenomena yang dinamakan citizen journalism. Citizen journalism secara harfiah berarti jurnalisme warga. Citizen journalism mempunyai spirit yang sama dengan public journalism ataupun civic journalism yang terkenal pada tahun 80-an. Yaitu, bagaimana menjadikan jurnalisme bukan lagi sebuah ranah yang samata-mata dimonopoli para jurnalis.

SUMBER :

Download PDF : PDF

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Aplikasi After Effect CS3 & Cara Install

CARA INSTAL AFTER EFFECT CS3 + LINK DOWNLOAD APLIKASINYA https://youtu.be/xMUraW3xksU After Effect CS3 System Requirements 1. Intel Pentium 4, Intel Centrino, Intel Xeon, or Intel Core Duo (or compatible) processor 2. Microsoft Windows XP with Service Pack 2 or Windows Vista Home Premium, Business,     Ultimate, or Enterprise (certified for 32-bit editions) 3. 1 GB of RAM for DV; 2 GB of RAM for HDV and HD 4. 3 GB of available hard-disk space plus 2 GB of space for optional content (additional free space      required during installation) 5. 1024 x 768 monitor resolution with 32-bit video card; Adobe recommended video card for GPU     accelerated playback 6. For OpenGL support: Adobe After Effects supported OpenGL 2.0 card (NVIDIA recommended) 7. DVD-ROM drive 8. QuickTime 7.1.5 software required to use QuickTime features 9. Internet or phone connection required for product activation 10. Broadband Internet connection required for Adobe Stock Ph

Teknologi Informasi 2

TUGAS 2 TEKNOLOGI INFORMASI 1.       Manfaat Internet Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan internet : 1)   Menambah Wawasan dan Pengetahuan 2)   Komunikasi Menjadi Lebih Cepat 3)   Memberi kemudahan bagi seseorang dalam membeli suatu barang melalui internet atau dalam hal ini biasa disebut belanja online 4)   Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah 5)   Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan 6)   Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis 2.       Dampak Positif dan negatif penggunaan internet 1.     Dampak positif penggunaan Internet ·       Menjadi media komunikasi ·       Mudah melakukan transaksi dan bisnis ·       Media Pendidikan ·       Media Pertukaran Data 2.     Dampak negatif penggunaan Internet ·       Pornografi ·       Tersebarnya informasi palsu ·       Menampilkan kekejaman ·       Penipuan   3.       Interne